Internet of things

Definisi – Apa Internet of Things (IOT) artinya?

internet of

Internet of Things (IOT) adalah sebuah konsep komputasi yang menggambarkan masa depan di mana benda-benda fisik sehari-hari akan terhubung ke Internet dan dapat mengidentifikasi diri mereka ke perangkat lain. Istilah erat diidentifikasi dengan RFID sebagai metode komunikasi, meskipun juga dapat mencakup teknologi sensor lainnya, teknologi nirkabel atau kode QR.

IOT ini penting karena obyek yang dapat mewakili dirinya digital menjadi sesuatu yang lebih besar daripada obyek dengan sendirinya. Tidak ada lagi apakah objek berhubungan hanya untuk Anda, tetapi sekarang terhubung ke sekitar objek dan data database. Ketika banyak objek bertindak bersama-sama, mereka dikenal sebagai memiliki “ambient intelijen.”

Techopedia menjelaskan Internet of Things (IOT)
Internet of Things adalah konsep yang sulit untuk mendefinisikan dengan tepat. Bahkan, ada banyak kelompok yang berbeda yang telah didefinisikan istilah, meskipun penggunaan awal telah dikaitkan dengan Kevin Ashton, seorang ahli inovasi digital. Setiap definisi berbagi gagasan bahwa versi pertama dari internet adalah tentang data yang dibuat oleh orang-orang, sedangkan versi berikutnya adalah tentang data yang dibuat oleh hal-hal. Pada tahun 1999, Ashton mengatakan terbaik dalam kutipan ini dari sebuah artikel di Journal RFID:

“Jika kita memiliki komputer yang tahu semuanya ada untuk mengetahui tentang hal-hal – menggunakan data yang mereka kumpulkan tanpa bantuan apapun dari kami -. Kita akan dapat melacak dan menghitung segala sesuatu, dan sangat mengurangi limbah, kerugian dan biaya Kami akan tahu kapan hal-hal yang dibutuhkan mengganti, memperbaiki atau mengingat, dan apakah mereka segar atau melewati terbaik mereka “.

Kebanyakan dari kita berpikir tentang yang terhubung dalam hal komputer, tablet dan smartphone. IOT menggambarkan sebuah dunia di mana apa saja dapat dihubungkan dan berkomunikasi dengan cara yang cerdas. Dengan kata lain, dengan Internet of Things, dunia fisik menjadi salah satu sistem informasi yang besar.

internet 2

Mengapa Internet of Things penting?

Anda mungkin akan terkejut untuk belajar bagaimana banyak hal yang terhubung ke Internet, dan berapa banyak manfaat ekonomi kita dapat berasal dari analisis aliran data yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa contoh dari dampak IOT telah di industri:

Solusi transportasi cerdas mempercepat arus lalu lintas, mengurangi konsumsi bahan bakar, memprioritaskan jadwal perbaikan kendaraan dan menyelamatkan nyawa.
Grid listrik pintar lebih efisien menghubungkan sumber daya terbarukan, meningkatkan keandalan sistem dan pelanggan biaya berdasarkan kenaikan penggunaan yang lebih kecil.
Sensor mesin pemantauan mendiagnosa – dan memprediksi – masalah yang tertunda pemeliharaan, bagian stockouts jangka dekat, dan bahkan memprioritaskan jadwal kru pemeliharaan untuk peralatan perbaikan dan kebutuhan daerah.
Sistem data-driven sedang dibangun ke dalam infrastruktur “kota pintar,” sehingga memudahkan kota untuk menjalankan pengelolaan sampah, penegakan hukum dan program lain yang lebih efisien.

Tetapi juga mempertimbangkan IOT pada tingkat yang lebih pribadi. Perangkat yang terhubung membuat jalan mereka dari bisnis dan industri untuk pasar massal. Pertimbangkan kemungkinan ini ;

Anda rendah pada susu. Ketika Anda berada pada jalan pulang dari kerja, Anda mendapatkan peringatan dari kulkas Anda mengingatkan Anda untuk mampir toko.
Sistem keamanan rumah Anda, yang sudah memungkinkan Anda untuk kontrol jarak jauh kunci Anda dan termostat, dapat mendinginkan rumah Anda dan membuka jendela Anda, berdasarkan preferensi Anda.

sumber :
www.sas.com/en_us/…/internet-of-things.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_of_Things

Leave a Reply